Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

WhatsApp View Once: Pesan Otomatis Hilang Setelah Dibaca, Begini Caranya


Tips Trend - Setelah melalui uji coba selama sebulan, WhatsApp secara resmi meluncurkan fitur 'View Once'. Fitur baru WhatsApp ini memungkinkan pesan foto dan video otomatis langsung menghilang segera setelah dilihat oleh penerima pesan.

Berbeda tampilan kiriman foto atau video sebelumnya, dalam fitur baru 'View Once' penerima pesan tidak akan mendapatkan preview gambar di kolom chat dan tidak bisa mengunduh file tersebut ke perangkat.

Dalam rilis pada laman resminya, Facebook yang adalah induk perusahaan WhatsApp menyebutkan, foto dan video seringkali menghabiskan memori pada HP pengguna.

Karena itu, fitur "View Once" diluncurkan untuk semakin memudahkan pengguna agar tidak lagi dipersulit dengan foto atau video yang tidak perlu disimpan ke memori perangkatnya.

Baca10 Merek Tas Termahal Sepanjang Masa

Seperti Apa Fitur Baru View Once?

  1. Media tidak akan tersimpan di Foto atau Galeri penerima.
  2. Setelah mengirim foto atau video View Once, Anda tidak akan dapat melihatnya lagi.
  3. Saat media View Once diaktifkan, Anda juga tidak dapat meneruskan, menyimpan, memberi bintang, atau membagikan foto atau video yang dikirim atau diterima.
  4. Anda hanya dapat melihat apakah penerima telah membuka foto atau video View Once jika mereka menyalakan laporan dibaca.
  5. Jika Anda tidak membuka foto atau video tersebut dalam waktu 14 hari setelah dikirim, media akan kedaluwarsa dari chat.
  6. Anda harus mengaktifkan media View Once setiap kali ingin mengirim foto atau video View Once.
  7. Media View Once dapat dipulihkan dari cadangan jika pesan belum dibuka pada saat pencadangan dilakukan. Jika foto atau video sudah dibuka, media tersebut tidak akan disertakan dalam cadangan dan tidak dapat dipulihkan.
Catatan:
Kirim foto atau video View Once hanya kepada pengguna yang Anda percayai. Seseorang mungkin saja akan, misalnya:
  • Mengambil tangkapan atau rekaman layar sebelum media tersebut hilang. Anda tidak akan diberi tahu jika seseorang mengambil tangkapan atau rekaman layar.
  • Mengambil foto atau video media dengan kamera atau perangkat lain sebelum media tersebut hilang.
Media terenkripsi mungkin disimpan di server WhatsApp selama beberapa minggu setelah Anda mengirimkannya. Jika penerima memilih untuk melaporkan media View Once, media tersebut akan diberikan kepada WhatsApp.

Baca4 Langkah Kecil Untuk Tingkatkan Kinerja


Cara Menggunakan Fitur Baru WhatsApp View Once

Di WhatsApp, Anda dapat mengirim foto atau video yang akan hilang setelah penerima membukanya sekali dan keluar dari penampil media.

Setelah penerima keluar dari penampil media, media tidak akan terlihat lagi di chat dan penerima tidak dapat melihat lagi media tersebut.

Foto dan video View Once tidak akan tersimpan di Foto atau Galeri penerima media. Penerima pun tidak dapat meneruskannya.

Cara Mengirim Pesan WhatsApp View Once:

1. Buka chat individual atau grup.
2. Ketuk Lampirkan, lalu ketuk:
- Kamera untuk mengambil foto atau video baru menggunakan kamera telepon. Video yang direkam menggunakan WhatsApp dibatasi hingga 16 MB.
- Galeri untuk memilih foto atau video yang sudah ada pada telepon.
3. Ketuk 1.
4. Ketuk Kirim.
Anda akan melihat label Dibuka di chat setelah penerima melihat foto atau video.

Cara Menggunakan Fitur Baru WhatsApp View Once

Cara membuka  Pesan WhatsApp View Once:

1. Ketuk pesan dengan label 1.
2. Lihat foto atau video.
3. Gesek atau ketuk Kembali untuk keluar dari penampil media.

Anda akan melihat label Dibuka di chat untuk media yang telah Anda lihat. Setelah keluar dari penampil media, Anda tidak dapat melihat media tersebut lagi atau melaporkannya ke WhatsApp. Media tersebut juga tidak akan tersimpan di rol kamera Anda.