Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kenali 7 Penyebab Kolestrol Tinggi


Tips Trend - Penyakit kolesterol menjadi momok yang menakutkan. Kolesterol dianggap sebagai si jahat yang menyebabkan masalah kesehatan, seperti serangan jantung, stroke bahkan kematian. Beberapa faktor terkait pola hidup menjadi penyebab tingginya kadar kolesterol pada tubuh.

Terdapat dua jenis kolesterol dalam darah yakni, kolesterol baik (HDL), dan kolesterol jahat (LDL). Kadar kolesterol total normal (gabungan dari jumlah kolesterol baik dan kolesterol buruk) berkisar antara 200mg/dL hingga 239mg/dL.

Semakin tinggi kadar kolesterol baik dalam darah, maka semakin baik untuk tubuh, begitupun sebaliknya. Untuk menjaga kadar kolesterol tersebut dalam darah, maka perlu diketahui beberapa hal penting berikut:

1. Pola Makan

Pola makan adalah salah satu penyebab kenaikan level kolesterol. Beberapa makanan yang mengandung kolesterol jahat antara lain, daging merah, otak, seafood, susu hewani, kuning telur, mentega, keju, minyak kelapa sawit. Semua makanan ini bukan berarti harus dihindari, tetapi harus dikonsumsi secukupnya.

2. Perut Buncit

Perut buncit dan berat badan berlebih bukan hanya mengurangi penampilan namun juga akan meningkatkan level triglycerides (kolesterol jahat) dan menurunkan HDL (kolesterol baik). Oleh karena itu, penting untuk menjaga berat badan dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan rajin berolahraga.

3. Aktivitas Harian

Malas-malasan, tidur, seharian di depan televisi atau komputer akan menaikkan level LDL atau kolesterol jahat dan menurunkan HDL atau kolesterol baik. Untuk mencegah itu, perbanyaklah aktivitas fisik, seperti berjalan kaki di pagi hari, bersepeda, atau berenang.

4. Usia dan Jenis Kelamin

Saat usia seseorang memasuki usia 20 tahun, secara alami level kolesterol akan mulai naik sedikit demi sedikit. Pada pria, jika pola hidup baik, maka kolesterol akan mulai stabil di usia 50 tahun. Sedangkan pada wanita, kolesterol cenderung stabil hingga menopause. Setelah menopause, level kolesterol bisa meningkat sebanyak pria.

5. Jarang Cek Kesehatan

Usia muda bukan alasan untuk melewatkan berbagai medical check. Untuk melihat apakah kolesterol stabil atau ada kemungkinan berpotensi mengalami kenaikan kolesterol, lakukan medical check rutin. Hal ini perlu dilakukan untuk mengetahui penyakit lainnya yang kemungkinan menyerang tubuh.

6. Riwayat Keluarga

Jika teradapat keluarga sedarah yang memiliki kolesterol tinggi, ada kemungkinan besar anda akan mengalami hal yang sama. Untuk itu, carilah informasi sebanyak-banyaknya agar anda dapat melakukan upaya untuk menstabilkan kolesterol jahat. Langkah pertama bisa dimulai dari mengurangi makanan yang berpotensi meningkatkan level kolesterol.

7. Kebiasaan Merokok

Merokok akan menurunkan kadar kolesterol baik, sehingga kolesterol jahat akan meningkat. Zat kimia yang terdapat dalam batangan rokok dapat menurunkan kadar HDL atau kolesterol baik. Hal ini mempengaruhi lapisan pembuluh darah sehingga menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.