Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

5 Peran Suami yang Dibutuhkan pada Masa Kehamilan


Tips Trend - Kehamilan adalah masa yang sulit bagi wanita. Seorang wanita akan mengalami banyak perubahan pada fisik dan juga psikisnya.

Berat badannya akan bertambah seiring dengan bertambahnya usianya kandungan. Selain itu ia juga harus mengubah gaya dan pola hidupnya karena perubahaan hormon dan demi menjaga kesehatan bayi selama dalam kandungan.

Perubahan hormon yang terjadi di dalam tubuh juga dapat membuat ibu hamil mengalami ketidakstabilan emosi, sehingga mood ibu selalu berubah-ubah dan menjadi lebih sensitif.

Baca: 5 Metode Mengurangi Rasa Sakit Saat Melahirkan

Pada proses ini, peran suami sangat diperlukan untuk mendukung psikologis dan kesehatan ibu hamil selama masa kehamilan hingga persalinan nanti. Suami diharapkan dapat memahami kondisi dan perubahan yang terjadi pada ibu hamil dan ikut membantunya melewati masa-masa sulit kehamilan.

Berikut 5 hal yang bisa dilakukan untuk mendukung istri Anda yang sedang hamil:

1. Berikan Perhatian

Pada masa kehamilan, "mood" seorang wanita bisa berubah-ubah. Mereka cenderung selalu ingin diperhatikan, dan selalu berada di dekat suami.

Di masa ini, wanita hamil perlu disupport oleh suami dengan memberikan perhatian lebih, menanyakan kabar dan kondisinya, memerhatikan perubahan-perubahan bersamanya, melakukan hal-hal yang membuat suasana hatinya baik.

Suami juga bisa mengamati tendangan bayi, dan mulailah mendengarkannya music, dan mengajaknya berbicara (Bayi dapat mendengar sejak usia 20 minggu) lalu cium perut istri anda.

2. Jadilah Suami Siaga

Luangkan banyak waktu bersama istri anda, usahakan untuk selalu mendampingi istri dalam semua kunjungan pemeriksaan kehamilan ke bidan atau dokter.

Jadilah suami yang proaktif untuk bertanya tentang kondisi ibu dan bayi ketika melakukan pemeriksaan, sehingga anda dapat mengetahui perkembangan dan kesehatan ibu serta bayi hingga proses persalinan.

3. Jaga Kesehatan Istri

Dukung istri anda untuk menciptakan gaya hidup sehat selama masa kehamilan. Dukunglah dengan memberikan makanan dan minuman yang bergizi dan membantunya berolahraga. Dampingi dia mengatasi keluhan di masa kehamilan.

Pastikan bahwa istri Anda makan dengan baik. Sebisa mungkin hindari hal-hal yang dapat memicu konflik yang berdampak pada kesehatan psikis istri anda.

4. Layani istri

Temani istri Anda berbelanja aksesoris dan kebutuhan bayi lainnya. Ringankan bebannya dengan membantu membawakan tasnya, untuk menciptakan suasana kebersamaan dan penuh perhatian.

Tawarkan diri untuk memasak dan membersihkan rumah saat dia lelah. Hal-hal seperti itu akan membuatnya merasa bisa mengandalkan Anda dalam segala situasi dan akan meningkatkan semangat dan rasa cintanya pada Anda.

5. Diskusikan Rencana ke Depan

Ajaklah istri anda untuk berdiskusi mengenai sang bayi ketika lahir nanti. Diskusikan apa saja yang berkaitan dengan buah hati, seperti perlengkapan bayi yang perlu dibeli, siapa namanya, di mana ia kan tidur, bagaimana mendekor tempat tidurnya, serta siapa pengasuhnya (jika diperlukan).

Hal ini membantu menambah keharmonisan dan semangat istri anda. Pastikan semua keputusan terkait si buah hati adalah hasil keputusan berdua.