Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

5 Metode Mengurangi Rasa Sakit Saat Melahirkan


Tips Trend - Wanita hamil tak jarang merasa cemas saat hendak melahirkan. Membayangkan rasa sakit persalinan adalah hal yang kerap menghantui para wanita hamil terlebih para wanita yang ingin melahirkan secara normal. Pada persalinan normal, umumnya akan merasakan nyeri dan sakit yang luar biasa, karena kerja otot rahim.

Kecemasan dan ketakutan seperti ini merupakan perasaan alami dan wajar yang dirasakan hampir semua wanita hamil, dan harus diatasi sebelum waktu kelahiran tiba.

Baca: Kenali 7 Penyebab Kolestrol Tinggi

Menjelang persalinan, wanita hamil akan merasakan nyeri akibat kontraksi otot-otot rahim yang sangat kuat. Kontraksi ini terjadi sebagai akibat dari upaya tubuh mendorong bayi ke luar dan juga akibat dari terbukanya leher rahim sebagai jalan keluar bayi. Rasa nyeri dan sakit ini biasanya muncul pada bagian perut, punggung, paha dan panggul.

Namun tak perlu takut, rasa sakit ini dapat dikurangi sebelum tanggal kelahiran tiba dengan berbagai metode alami berikut:

1. Metode Bardley

Metode yang dikembangkan pada tahun 1940-an oleh Dr. Robert Bradley ini berfokus untuk membantu proses kelahiran normal dengan mengonsumsi makanan yang bergizi dan melakukan olahraga didampingi suami. Metode ini terkesan biasa saja namun dapat membantu wanita hamil menjadi lebih rileks, mengurangi rasa cemas serta membantu memperlancar proses kelahiran.

2. Metode McMoyler

Metode yang digagas oleh seorang suster bernama Sarah McMoyler ini fokus pada teknik rileksasi untuk mengatasi kontraksi semasa hamil. Menurut McMoyler, wanita hamil yang mampu mengatasi kontaksi dengan rileks mampu mengatasi rasa sakit ketika melahirkan dengan lebih baik.

3. Metode Lamaze

Pada metode ini, perhatian wanita hamil harus dialihkan dengan beberapa teknik seperti berkonsentrasi dan mengatur pola pernafasan. Selain itu, menurut Lamaze dukungan dari pasangan menjadi poin penting dalam metode ini. Pasangan diajarkan teknik memijat serta cara lain untuk membantu wanita hamil mengatasi rasa sakit pada saat melahirkan.

4. Hypnobirthing

Metode ini berfokus pada self-hypnosis untuk menciptakan suasana tenang dan nyaman selama proses menjelang kelahiran yang juga berfokus pada olahraga yang dilakukan selama proses kehamilan. Metode ini akan dipandu secara visual mengenai self-hypnosis untuk membantu anda mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan pada saat proses melahirkan.

5. Teknik Normal

Teknik ini mengajarkan wanita hamil dan pasangan tentang berbagai posisi melahirkan yang dapat dipakai ketika persalinan. Selain itu juga diajarkan cara mendorong dan teknik pernafasan. Ketika wanita hamil mampu menguasai teknik ini, proses persalinan akan berjalanan lebih mudah dan tidak mengakibatkan sakit yang berlebihan.