Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

7 Langkah Ciptakan Rumah Ramah Anak

7 Langkah Ciptakan Rumah Ramah Anak

Jurnal Trend - Sudah semestinya rumah menjadi tempat berteduh yang aman dan nyaman bagi seluruh anggota keluarga, termasuk bagi sang buah hati.

Akan tetapi, ketika anak mulai pandai merangkak atau berjalan, tidak sedikit orang tua yang merasa cemas karena setiap sudut rumah seolah berubah menjadi zona yang dapat mengancam keselamatan putra-putrinya.

Baca:

Anak kecil sangat suka mengeksplorasi dunia di sekelilingnya. Tak jarang, rasa ingin tahu yang besar justru berpotensi menjerumuskan mereka ke dalam marabahaya.

Supaya terlepas dari segala macam kekhawatiran tersebut, mulai sekarang ciptakan lingkungan rumah yang ramah anak dengan mengikuti sejumlah panduan berikut ini:

1. Listrik

Gunakan plug protector untuk semua outlet listrik yang tidak digunakan, dan cabut semua perkakas elektronik dari stop kontak apabila tidak digunakan.

2. Obat-obatan

Jauhkan obat-obatan dari jangkauan anak-anak, dan tempatkan di dalam lemari terkunci untuk mencegah kemungkinan penyalahgunaan.

Selain itu, jangan pernah meninggalkan zat beracun dan produk berbahaya di tempat terbuka yang mudah dijamah tangan-tangan mungil mereka, misalnya obat nyamuk atau cairan pembersih lantai.

3. Jendela

Hindari kemungkinan anak terjatuh dari jendela yang terbuka dengan memasang terali besi, terutama jika Anda tinggal di sebuah apartemen atau rumah bertingkat.

Jangan menempatkan furnitur apapun di bawah jendela, untuk mencegah anak memanjatnya dan meraih jendela yang terbuka.

4. Benda berbahaya

Simpan semua benda tajam seperti pisau dan gunting di dalam kotak atau laci terkunci. Jauhkan pula pemantik dan korek api dari jangkauan anak-anak untuk mencegah bahaya kebakaran.

Selain itu, singkirkan berbagai benda kecil, mainan, kantong plastik, balon, dan barang apapun yang berpotensi menimbulkan risiko tertelan dan tercekik.

5. Kamar mandi

Pasang keramik antiselip pada lantai kamar mandi untuk mencegah sang buah hati dari bahaya terpeleset. Sediakan juga keset pada area lantai yang cenderung basah, misalnya di depan kamar mandi.

6. Tangga

Jika tinggal di rumah bertingkat, pasang palang atau pagar pada sisi luar tangga untuk mencegah anak terjatuh. Jangan pernah meninggalkan anak bermain di dekat tangga, apalagi tanpa pengawasan dari orang dewasa.


7. Furnitur

Televisi, rak buku, water dispenser, merupakan sejumlah furnitur yang kerap dijangkau oleh anak-anak. Untuk menghindari bahaya benda-benda tersebut terjatuh dan menimpa mereka, jangan menempatkannya pada lokasi yang terlalu tinggi, atau pasang penahan untuk menyangganya agar tidak terjatuh meskipun ditarik.