Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

7 Kunci Sukses Melakukan Perjalanan Bisnis


Jurnal Trend - Sebagai seorang wanita karier profesional, melakukan perjalanan bisnis barangkali sudah menjadi salah satu tuntutan pekerjaan, baik itu ke luar kota maupun ke manca negara.

Untuk melakukan perjalanan bisnis yang sempurna, tentu diperlukan sejumlah persiapan. Berikut ini 7 Kunci Sukses Melakukan Perjalanan Bisnis supaya tujuan Anda tercapai:

Dokumen perjalanan

Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum menempuh perjalanan bisnis adalah mempersiapkan dokumen perjalanan, terutama bagi Anda yang harus bertolak ke luar negeri. Pastikan untuk menyiapkan paspor, visa dan kartu identitas.

Selain itu, jangan lupa mencari tahu lokasi pasti daerah tujuan pada peta untuk mempermudah Anda ketika tiba di sana.

Baca:

Pengetahuan

Lebih baik lagi jika beberapa hari sebelumnya Anda sudah berusaha mencari tahu tentang daerah yang akan Anda kunjungi misalnya musim, suhu, tempat-tempat penting seperti ATM, rumah sakit dan catat beberapa nomor penting yang sewaktu-waktu bisa dihubungi.

Berkas pekerjaan

Persiapkan semua berkas pekerjaan yang diperlukan, dan tempatkan di dalam sebuah map khusus sebelum dimasukkan ke dalam tas kerja. Pastikan Anda menyimpannya dengan rapi agar berkas-berkas tersebut tetap licin dan jauh dari noda.

Susun dokumen sesuai rundown meeting. Yang akan digunakan pertama kali letakkanlah di susunan paling atas. Hal ini juga menandakan kesiapan Anda dalam melakukan pekerjaan.

Busana

Tidak perlu terlalu banyak membawa pakaian, apalagi jika jangka waktu perjalanan termasuk singkat. Pilihlah busana dan sepatu serbaguna yang mudah dipadupadankan untuk menghemat ruang di dalam koper Anda.

Selain itu, pilih pakaian bewarna gelap agar tidak mudah kotor. Kalau bisa, pilih kemeja, blazer, dan celana berbahan antikusut agar Anda tidak perlu repot-repot menyetrika sekiranya diperlukan.

Make up dan toiletries

Bawalah bahan-bahan make up Anda dalam jumlah sesuai kebutuhan. Misalnya shampoo, atau pelembab yang besar, bisa dipindahkan ke dalam botol-botol yang kecil.

Di toko-toko terkemuka sekarang sudah pula tersedia kemasan kecil, disertai spatula dan wadah khusus untuk mengepaknya supaya rapi saat dibawa hingga digunakan. Jangan lupa bawalah parfum kesayangan Anda, supaya tetap segar sepanjang perjalanan bisanis Anda.

Kartu nama

Bawa selalu kartu nama setiap kali Anda bepergian melakukan perjalanan bisnis. Hal ini penting untuk membangun networking demi kemajuan karier profesional.

Jika perlu, tuliskan di acara apa Anda bertemu dengan seseorang yang diberikan kartu nama agar dia dapat lebih mudah mengingat Anda. Selain itu, jangan lupa pula untuk meminta kartu namanya.

Perangkat komunikasi

Jangan melupakan perangkat komunikasi agar tetap bisa terhubung dengan dunia luar. Telepon seluler, PDA, atau laptop merupakan sejumlah perangkat yang dibutuhkan untuk menunjang kebutuhan Anda akan akses informasi, termasuk untuk urusan pekerjaan.

Jika untuk waktu yang agak lama, bawalah juga charger alat-alat komunikasi Anda, atau bawalah baterai cadangan supaya komunikasi dan juga tugas pekerjaan Anda tidak terbengkalai.