Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

10 Tips Mendapatkan Kebahagiaan di Kantor

10 Tips Mendapatkan Kebahagiaan di Kantor

Jurnal Trend - Bekerja sesuai impian merupakan hal yang menyenangkan. Tapi tak menjamin juga Anda akan bahagia menjalaninya.

Tentu ada waktunya Anda merasa sangat jenuh dan tak bahagia berada di kantor. Berikut 10 tips untuk mendapatkan kebahagian di kantor.

1. Berpikir Positif

Tetap berpikir positif akan segala hal. Bekerja merupakan hal yang penting dalam kehidupan, namun itu bukanlah keseluruhan hidup Anda. Saat Anda merasa tak bahagia, pikirkan segala kemungkinan positif tentang hidup.

Baca:

2. Kenali kebahagiaan itu

Kadang Anda tak sadar karena apa Anda merasa bahagia dan berusaha mencari kebahagiaan itu di berbagai tempat. Padahal kebahagian itu bisa bersumber dari hal-hal yang kecil seperti mengatur ulang meja kantor Anda.

3. Change your focus

Ingat kembali tujuan kenapa Anda mengambil pekerjaan tersebut, hanya sekedar gengsi ataukah memenuhi kebutuhan. Dengan melihat kembali tujuan Anda bekerja, bisa memberikan pandangan baru terhadap pekerjaan Anda.

4. Bertemanlah dengan orang-orang yang bahagia

Pepatah lama berkata, seseorang itu dilihat dari temannya. Jika Anda menjalin hubungan pertemanan dengan seseorang yang selalu berpikiran positif dan selalu bersyukur dengan pekerjaannya, Anda pun akan seperti ia. Siapa tahu Anda bisa 'mencuri ilmu' dari mereka.

5. Terimalah kenyataan

Lebih baik Anda konsentrasi dalam mencari peluang daripada hanya memikirkan kelemahan dan kekurangan Anda saja. Banyak cerita tentang seseorang yang banyak memiliki kekurangan namun berhasil dalam karier dan hidupnya. Jadi terimalah kekurangan Anda dan jadikan hal tersebut sebagai alat untuk mencapai cita-cita.

6. Lakukan yang Terbaik

Lakukan semua tugas kantor semaksimal dan sebaik mungkin. Saat semua tugas telah terlaksana dengan baik, berilah penghargaan untuk diri sendiri.

7. Seimbang

Kerja terlalu berlebihan dan stres adalah dua dari sekian banyak pencabut kebahagiaan. Pastikan Anda memiliki waktu untuk olahraga, kehidupan sosial dan berlibur.

8. Take a break

Gunakan jatah cuti yang disiapkan oleh perusahaan untuk berlibur. Atau ambillah sejam dari sekian jam yang Anda habiskan untuk bekerja dan gunakan waktu tersebut untuk bahagiakan diri sendiri.

9. Take control

Jika Anda berada dalam titik ketidak bahagiaan, jangan minta orang lain yang menyelesaikan masalah tersebut, tapi selesaikanlah sendiri. Hanya Anda yang tahu masalah apa Anda dan Anda pulalah yang mampu menyelesaikannya.

10. Jujurlah pada diri sendiri

Jika Anda sudah mencoba berbagai cara untuk bisa bahagia di kantor tapi ternyata gagal, berarti Anda harus temukan sesuatu yang baru. Bicaralah pada hati Anda dan kenali tanda-tanda yang mengharuskan untuk mencari pekerjaaan baru.