Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

5 Alasan Demokrat Menolak Budi Gunawan Jadi Kapolri

Logo Partai Demokrat
Partai Demokrat telah menyatakan keberatan terhadap pencalonan Budi Gunawan sebagai Kapolri usai KPK menetapkan Budi Gunawan sebagai tersangka. Ini lima alasan Demokrat menolak Budi sebagai Kapolri

1. Penjelasan Terkait Isu Rekenig Gendut Harus Terbuka

Ditanya tentang kemungkinan sikap Komisi III DPR, politisi Partai Demokrat itu mengungkapkan bahwa komisi hukum DPR bisa saja menerima maupun menolak. Hanya saja, dia menggarisbawahi penolakan tentunya tidak bisa dilakukan serta merta. “Penolakan itu dimungkinkan, tapi harus dengan alasan yang jelas. Kalau tanpa alasan itu, nanti Komisi III dipertanyakan,” kata Benny. 

2. Budi Gunawan Telah Ditetapkan Sebagai Tersangka

Benny mengatakan, penolakan partai yang diketuai SBY itu karena Komjen Budi telah ditetapkan tersangka oleh KPK terkait dugaan rekening gendut. FPD menjadi satu-satunya fraksi di Komisi III yang menolak Komjen Budi sebagai calon tunggal Kapolri.

"Kemarin sudah diputuskan, dari 10 fraksi hanya Demokrat yang menolak dan 9 fraksi setuju. Alasan menolak, masak fit and proper test dilakukan pada tersangka," ucap Benny.

3. Budi Diminta Mengklarifikasi Status Tersangkanya ke KPK

Terkait status tersangka Komjen Budi Gunawan, Fraksi Partai Demokrat memaparkan pandangannya melalui Benny K Harman yang meminta pemilihan ditunda. Politisi Demokrat tersebut menyarankan agar Budi Gunawan melakukan klarifikasi terlebih dahulu kepada KPK terkait kasus yang sedang dihadapi 

4. Demokrat Tidak Hadir Dalam Fit and Proper Test Budi Gunawan Sebagai Calon Kapolri

Uji kelayakan calon Kapolri Komjen Pol Budi Gunawan yang tengah berlangsung di Komisi III DPR-RI, Rabu (14/01), tidak dihadiri oleh Fraksi Partai Demokrat. Hingga siang ini, hampir seluruh fraksi di DPR hadir di Komisi III. Dan masing-masing fraksi memberikan pandangan terhadap calon Kapolri itu.

5. Bakal Menjadi Sejarah Kelam Indonesia

Demokrat tetap tak bergeming atas penolakan pencalonan Budi Gunawan sebagai Kepala Polisi RI yang baru. Jika tetap dilantik maka hal tersebut akan mencoreng wajah Indonesia dimana seorang tersangka justru didaulat sebagai Kapolri.

Fraksi Partai Demokrat (FPD) DPR keras meminta pencalonan Komisaris Jenderal Budi Gunawan oleh Presiden Joko Widodo untuk di tunda. Jika dilanjutkan maka hal ini akan menjadi sejarah buruk bagi negeri dan Polri dimana seorang berstatus tersangka justru disetujui untuk mengisi posisi Kapolri.